oleh

Dorong Kemajuan Pertanian, Plt Bupati Beni Hernedi Terima Audensi KTNA Muba

mubapost.com
Selasa, 04 Januari 2022

Sekayu Muba – Sumsel, Plt Bupati Musi Banyuasin Beni Hernedi berharap kelompok Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kabupaten Musi Banyuasin dapat berperan aktif dalam memajukan sektor pertanian di Musi Banyuasin.

“Saya menempatkan sektor pertanian ini seharusnya menjadi program utama kita ke depan. Karena mengapa, karena kalau kita ingin mempersiapkan masa depan Muba ini ekonominya mandiri, tidak tergantung dengan pendapatan gas dan minyak bumi. Karena gas dan minyak bumi akan habis seiring waktu,”ungkap Plt Bupati Beni Hernedi SIP dalam Audiensi dengan KTNA Muba di Ruang Rapat Serasan Sekate Gedung Pemkab Muba, Selasa (04/01/2022).

Menurutnya, sektor pertanian kedepan akan lebih difokuskan oleh Pemkab Muba. “Saya sudah menempatkan Pertanian menjadi andalan penting di Kabupaten Musi Banyuasin. Saya sudah tetapkan tujuan-tujuan pembangunan yang sudah kita share, dan saya sudah minta disampaikan kepada OPD-OPD. Kesimpulan kami bersama Bappeda dan sudah saya setujui 2023 sampai 2026 itu, ada dua poin yang menjadi tujuan dari pembangunan rencana pembangunan Kabupaten Musi Banyuasin. Pertama menguatkan ekonomi daerah untuk mendorong transformasi ekonomi, kedua meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan pelayanan publik,”terangnya.

Tujuannya, lanjut Beni untuk mendorong transformasi ekonomi, disini saya jelaskan visinya adalah ekonomi daerah kita harus ditingkatkan, “Makanya saya melihat ada tiga sektor utama tambang, migas, pertanian dan pengolahan. Menurut saya kedua sektor ini yang perlu ditingkatkan yaitu pertanian dan pengolahan. Jadi struktur ekonomi kita 52% pertambangan energi migas, 11% pertanian, 10 % pengolahan. Saya berkomitmen marilah kita bersama-sama fokus untuk mendorong dan memajukan pertanian, “tandasnya.

Ketua KTNA Muba, Abusari SH MSi menyampaikan bahwa di Kabupaten Musi Banyuasin ada 3746 kelompok tani yang sudah teregistrasi, sedangkan yang belum teregistrasi hampir lebih dari 1000 kelompok tani.

Setiap desanya, lanjut Abusari apabila 6 sampai 9 kelompok itu menjadi satu gapoktan, di Musi Banyuasin terdapat 214 gabungan kelompok tani. Dikatakannya bahwa Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) ini adalah mitra pemerintah satu-satunya organisasi mitra utama pemerintah adalah KTNA.

“Terima kasih pak Plt Bupati Beni Hernedi atas sambutannya, kami KTNA Muba siap mendukung dan bersinergi dengan Pemkab Muba dalam pembangunan disektor pertanian dan serta siap meningkatkan kesejahteraan petani, yang tentunya meningkatkan ketahanan pangan dan daya saing pertanian di Kabupaten Muba,”pungkasnya.

  •  
  •  

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed